Jobsheet PKK KD 3.2 kelas 11
JOBSHEET
PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
SMK N 2 KARANGANYAR
Tahun ajaran 2018/2019
Nama : Putra Yuridul Firdaus
No : 21
Kelas : XI RB
A.
KOMPETENSI
DASAR
3.2
Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
B.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.1
Menjelaskan peluang dan resiko usaha
3.2.2
Menjelaskan Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
3.2.3
Mengembangkan ide dan peluang usaha
3.2.4
Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
4.2.1
Menentukan peluang usaha produk
barang/jasa
C.
MATERI
POKOK
v Peluang
dan resiko usaha
Peluang usaha
Cara mengidentifikasi peluang usaha atau bisnis yang ada bisa di cari, asal saja wirausahawan itu bekerja keras, ulet dan percaya kepada kemampuan sendiri. Setiap wirausahawan sebenarnya mempunyai peluang ( opportunity ) untuk maju. Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha atau bisnis, seorang wirausahawan harus berfikir secara positif dan kreatif di antaranya :
a. Harus percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnis bisa dilaksanakan,
b. Harus menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha atau bisnis,
c. Harus bertanya kepada diri sendiri,
d. Harus mendengarkan saran-saran orang lain,
e. Harus mempunyai etos kerja yang tinggi,
f. Pandai berkomunikasi.
Peluang usaha bukanlah peluang jika kita tidak sanggup menemukan tindakan yang mungkin dan layak untuk mewujudkannya.
Adapun persyaratan pokok dalam memanfaatkan peluang usaha pada masa depan ialah berfikir positif, optimisme, bersedia bekerja keras dan mau mendengarkan orang lain, mengakui kesalahan, dan mau percaya bahwa pada hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin.
Resep Dr. D. J. Schwartz tentang cara memanfaatkan peluang bisnis adalah sebagai berikut :
Peluang usaha
Cara mengidentifikasi peluang usaha atau bisnis yang ada bisa di cari, asal saja wirausahawan itu bekerja keras, ulet dan percaya kepada kemampuan sendiri. Setiap wirausahawan sebenarnya mempunyai peluang ( opportunity ) untuk maju. Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha atau bisnis, seorang wirausahawan harus berfikir secara positif dan kreatif di antaranya :
a. Harus percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnis bisa dilaksanakan,
b. Harus menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha atau bisnis,
c. Harus bertanya kepada diri sendiri,
d. Harus mendengarkan saran-saran orang lain,
e. Harus mempunyai etos kerja yang tinggi,
f. Pandai berkomunikasi.
Peluang usaha bukanlah peluang jika kita tidak sanggup menemukan tindakan yang mungkin dan layak untuk mewujudkannya.
Adapun persyaratan pokok dalam memanfaatkan peluang usaha pada masa depan ialah berfikir positif, optimisme, bersedia bekerja keras dan mau mendengarkan orang lain, mengakui kesalahan, dan mau percaya bahwa pada hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin.
Resep Dr. D. J. Schwartz tentang cara memanfaatkan peluang bisnis adalah sebagai berikut :
·
Percaya dan yakin
bahwa usaha bisa di laksanakan.
·
Janganlah
hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausahawan
·
Setiap hari
bertanyalah pada diri sendiri, “ bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih
baik ? “.
·
Bertanya dan
dengarkanlah.
Dalam memanfaatkan peluang usaha Paul Charlap mengemukakan sebuah rumusan yang mencakup 4 unsur yang harus di miliki seorang wirausahawan :
a. Work hard ( kerja keras ),
b. Work smart ( kerja cerdas ),
c. Enthusiasm ( kegairahan ),
d. Service ( pelayanan ),
Bagi wirausaha pengenalan diri merupakan modal awal untuk mendapat mengenali lingkungannya, mengindera peluang usaha, dan mengerahkan sumber daya, guna meraih peluang usaha tersebut dalam batas risiko yang tertanggungkan untuk menikmati nilai tambah.
Risiko usaha
Setiap usaha yang di lakukan pasti mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan. Dari keuntungan itu di harapkan dapat di gunakan untuk mensejahterahkan diri sendiri maupun orang lain yang terlibat, banyak risiko yang harus di hadapi. Beberapa risiko usaha yang mungkin terjadi antara lain sebagai berikut :
1. Perubahan permintaan,
2. Perubahan konjungtur,
3. Persaingan ,
4. Akibat lain yang merupakan risiko usaha, seperti perubahan teknologi, perubahan peraturan, dan sebagainya.
v FAKTOR-FAKTOR
KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN USAHA
Sebelum merintis usaha baru ada baiknya calon
pengusaha mengetahui faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha yang akan
di tekuninya. Dengan mengetahui faktor keberhasilan dan kegagalan usaha maka
calon pengusaha dapat membuat suatu rencana untuk mengantisipasi dan
menindaklanjuti apabila terjadi hal-hal di luar perencanaan semula.
ü Keberhasilan
Wirausaha
A. Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Wirausaha
Ada beberapa pendukung keberhasilan wirausaha, di antaranya :
1.
Faktor
manusia
2.
Faktor
keuangan
3.
Faktor
organisasi
4.
Faktor
mengatur usaha
5.
Faktor
pemasaran
b. Langkah-Langkah untuk Menjadi
Wirausahawan yang Sukses di antaranya :
1. Ada visi dan tujuan yang jelas.
2. Bersedia untuk mengambil risiko uang dan waktu.
3. Terencana dan terorganisir.
4. Kerja keras sesuai dengan tingkatan
kepentingannya.
5. Mengembangkan hubungan yang baik dengan karyawan,
pelanggan, pemasok, dan lainnya.
6. Hal-hal yang membuat usaha atau bisnis meraih
kesuksesan.
Menurut W . Keith Schilit, ada 8 hal yang membuat usaha atau bisnis
meraih kesuksesan atau keberhasilan, yaitu :
1) Peluang pasar yang baik.
2) Keunggulan persaingan.
3) Kualitas barang/jasa.
4) Inovasi yang berproses.
5) Dasar budaya perusahaan.
6) Menghargai pelanggan dan pegawai.
7) Manajemen yang berkualitas.
8) Dukungan modal yang kuat.
ü Kegagalan
Wirausaha
a. Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha
Seperti telah di kemukan sebelumnya, bahwa keberhasilan atau kegagalan
wirausaha sangat tergantung pada kemampuan pribadi wirausaha. Zimmerer
mengemukakan beberapa faktor-faktor yang menyebabkan wirausahawan gagal dalam
menjalankan usaha barunya, yaitu :
1.
Tidak
kompeten dalam manajerial. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan
pengetahuan mengelola usaha merupakan faktor penyebab utama yang membuat
perusahaan kurang berhasil.
2.
Kurang
berpengalaman baik dalam kemampuan teknik, kemampuan memvisualisasikan usaha,
kemampuan mengoordinasikan, keterampilan mengelola sumber daya manusia, maupun
kemampuan menginterasikan operasi perusahan.
3.
Kurang dapat
mengendalikan keuangan. Agar perusahaan dapat berhasil dengan baik faktor yang
paling utama dalam keuangan adalah memelihara aliran kas. Mengatur pengeluaran
dan penerimaan secara cermat. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan
menghambat operasional perusahaan dan mengakibatkan perusahaan tidak lancar.
4.
Gagal dalam
perencanaan. Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, sekali gagal
dalam perencanaan maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan.
5.
Lokasi yang
kurang memadai. Lokasi usaha yang strategis merupakan faktor yang menentukan
keberhasilan usaha. Lokasi yang tidak strategis dapat mengakibatkan perusahaan
sukar beroperasi karena kurang efisien.
6.
Kurangnya
pengawasan peralatan. Pengawasan erat kaitannya dengan efisiensi dan
efektivitas. Kurang pengawasan dapat mengakibatkan penggunaan alat tidak
efisien dan tidak efektif.
7.
Sikap yang
kurang sungguh-sungguh dalam berusaha. Sikap yang setengah-setengah terhadap
usaha akan mengakibatkan usaha yang di lakukan menjadi labil dan gagal. Dengan
sikap setengah hati, kemungkinan gagal adalah besar.
8.
Ketidakmampuan
dalam melakukan peralihan/transisi kewiraushaan. Wirausahawan yang kurang siap
menghadapi dan melakukan perubahan, maka ia tidak ada jaminan untuk menjadi
wirausahawan yang berhasil. Keberhasilan dalam berwirausaha hanya bisa di
peroleh apabila berani mengadakan perubahan dan mampu membuat peralihan setiap
waktu.
b. Faktor-Faktor yang Membuat Seseorang Mundur dari Wirausaha
Selain faktor-faktor yang membuat kegagalan
kewirausahaan, Zimmerer mengemukakan beberapa potensi yang membuat seseorang
mundur dari kewirausahaan, yaitu :
1) Pendapatan yang tidak menentu.
2) Kerugian akibat hilangnya modal investasi.
3) Perlu kerja keras dan waktu yang lama.
4) Kualitas kehidupan yang tetap rendah meskipun usahanya mantap.
c. Alasan Utama Kegagalan Usaha Baru
1) Pengetahuan pasar yang tidak memadai.
2) Kinerja produk yang salah.
3) Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif.
4) Adanya persaingan.
5) Keusangan produk yang terlalu cepat.
6) Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Mengidentifikasi berbagai jenis peluang
usahap roduk/jasa
·
Mendiskusikan tentang pengkategorian
peluang usaha yang lebih spesifik
·
Mengumpulkan data terhadap para pelaku
usaha barang/jasa dilingkungan sekitar
·
Mengemukakan peluang usaha barang/jasa di
depan kelas secara berkelompok
·
Mengkomunikasikan tentang pemaparan materi
yang sedang dilaksanakan
C.
SOAL
ESSAY
1. Apa
pengertian peluang usaha....
2. Sebutkan alasan Utama Kegagalan Usaha....
3. Sebutkan faktor-faktor yang Membuat Seseorang
Mundur dari Wirausaha....
4. Sebutkan hal yang membuat usaha atau bisnis
meraih kesuksesan atau keberhasilan menurut W . Keith Schilit....
5. Sebutkan beberapa pendukung keberhasilan
wirausaha....
D.
SOAL
OBJEKTIF
1.
Kata
“Peluang Usaha” terdiri dari dua kata,salah satunya yaitu Peluang yang artinya…
A. Kesempatan
B.
Kesepakatan
C.
Modal
D.
Upaya
E.
Cara
2.
Istilah wirausaha dikenal dengan istilah…
A.
Prosedur
B. Entrepreneur
C.
Entreprenal
D.
Intrepreneur
E.
Antrepeneur
3.
Faktor internal
yang mempengaruhi dalam kewirausahaan / dalam mencari peluang, berikut ini
kecuali …
A. Pengetahuan
yang dimiliki
B. Pengalaman
dari individu itu sendiri
C. Pengalaman
saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
D. Instuisi
yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri
E.
Kesulitan
yang dihadapi sehari-hari
4.
Bygrave merumuskan 10 sifat dari wirusaha
yang terkenal dengan istilah 10 D, salah satu dari rumus tersebut mempunyai
arti “cepat mengambil keputusan” yang disebut…
A. Dream
B. Decisiveness
C. Doers
D. Determination
E. Dedication
5.
Seorang wirausaha bersedia
mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada orang orang kepercayaannya itu
yaitu orang-orang yang kritis dan mau diajak mencapai sukses dalam bidang
bisnisnya, disebut dengan…
A. Dream
B. Doers
C. Dollars
D. Distribute
E. Destiny
6.
Berikut merupakan factor keberhasilan
usaha, yaitu…
A. Diabaikan
oleh pemiliknya
B. Kecurangan
dan pencurian
C. Keterampilan mengelola usaha
D. Pengalaman
yang tidak seimbang
E. Masalah
pemasaran
7.
Berdasarkan
analisis Faktor, Guilford menemukan, bahwa ada lima sifat yang menjadi
kemampuan berpikir kreatif, salah satunya yaitu “Kemampuan untuk
menguraikan sesuatu seraca terinci” yang disebut …
A. Redefinition
B. Orginality
C. Elaboration
D. Flexibility
E. Fluency
8.
Kata lain
Orginality adalah …
A. Keaslian
B. Kelancaran
C. Keluwesan
D. Penguraian
E. Perumusan kembali
9.
Berikut ini adalah beberapa ciri peluang
usaha yang potensial, kecuali…
A. Punya
nilai jual
B. Bukan
sekedar ambisi, tapi sifatnya riil
C. Bukan
bisnis musiman
D. Menaikkan harga sesuka sendiri
E. Skala
usaha bisa diperbesar
10. Beberapa
peluang usaha online saat ini diantaranya, kecuali…
A. Menjadi
dropshipper dan reseller
B. Menjual
jasa penulisan artike
C. Menjadi terkenal
D. Menjadi
blogger professional
E. Menjual
jasa desain grafis
E.
JAWABAN
1. Pengertian Peluang Usaha adalah
kemungkinan sukses / gagalnya dari sebuah usaha di masa yang akan datang.
2. Alasannya
adalah :
§ Pengetahuan pasar yang tidak memadai.
§ Kinerja produk yang salah.
§ Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif.
§ Adanya persaingan.
§ Keusangan produk yang terlalu cepat.
§ Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat
3.
faktor
yang Membuat Seseorang Mundur dari Wirausaha adalah....
·
Pendapatan
yang tidak menentu.
·
Kerugian
akibat hilangnya modal investasi.
·
Perlu kerja keras
dan waktu yang lama.
·
Kualitas
kehidupan yang tetap rendah meskipun usahanya mantap.
4.
Menurut
W . Keith Schilit, ada 8 hal yang membuat usaha atau bisnis meraih kesuksesan
atau keberhasilan, yaitu :
o Peluang pasar yang baik.
o Keunggulan persaingan.
o Kualitas barang/jasa.
o Inovasi yang berproses.
o Dasar budaya perusahaan.
o Menghargai pelanggan dan pegawai.
o Manajemen yang berkualitas.
o Dukungan modal yang kuat.
5.
Ada
beberapa pendukung keberhasilan wirausaha, di antaranya :
o Faktor manusia
o Faktor keuangan
o Faktor organisasi
o Faktor mengatur usaha
o Faktor pemasaran
Komentar
Posting Komentar